Mana aja Bahan Baju yang Bikin Tidak Bau Badan

Pernah memperhatikan ketiak jadi lebih bau saat mengenakan pakaian tertentu? Bukan cuma karena cuaca panas, rasanya keringat yang keluar tidak terserap dengan baik. Selain itu, ada juga kain yang membuat kulit gatal atau setidaknya terasa tak nyaman. Lalu satu hal yang menjadi pertanyaan, kain seperti apa yang bisa menghindarkan kita dari bau badan?

Kain yang terbuat dari serat alami cenderung lebih aman dan nyaman di kulit. Daya serapnya juga lebih baik. Beberapa diantaranya bahkan bagus untuk kulit rentan alergi.

1. Cotton Combed

Menurut artikel lansiran Olympics 30, cotton combed adalah jenis kain katun yang dibuat dari serat kapas murni. Biasanya digunakan untuk produksi kaus-kaus keluaran distro.

Jenis kain yang satu ini memiliki tekstur halus, dingin, dan sangat mudah menyerap keringat. Jadi memang ideal untuk bahan sandang di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia.

2. Linen

Kain linen dibuat dari tenunan serat rami. Biasanya digunakan sebagai bahan seprai, karena cukup sejuk dan mampu menyerap keringat dengan baik. Anda bisa memilih pakaian dengan bahan linen berkualitas yang lebih halus daripada linen biasa.

Kain ini bersifat tahan lama dan nyaman di kulit. Jika bersentuhan dengan kulit, kain ini tidak mudah menimbulkan reaksi alergi pula.

3. Katun Jepang

Menurut artikel lansiran Gulalives, katun jepang biasa digunakan sebagai bahan mukena karena ringan dan sejuk. Kain ini mempunyai daya serap yang baik, sehingga cocok dijadikan bahan pakaian di musim kemarau. Selain itu, kain katun jepang juga lebih berkualitas daripada katun biasa, sehingga tidak mudah luntur meskipun dicuci berkali-kali.

4. Katun Silk

Kain ini memadukan sejuknya katun dan kelembutan sutra. Kerap digunakan untuk bahan pakaian maupun mukena, karena sejuk di kulit.

5. Katun Paris

Katun paris memiliki penampilan yang mirip dengan katun jepang. Terasa sejuk di kulit dan mudah menyerap keringat, namun sedikit lebih tipis daripada katun jepang.

6. Katun Rayon

Kain katun rayon sedikit mirip dengan kaus, tetapi lebih jatuh dan sejuk. Tidak seperti kain rayon lainnya yang panas, katun rayon dipintal dari bahan semisintetis yang dikombinasikan dengan kapas.

7. Sutera

Termasuk kain berkualitas tinggi, sutera terjamin kelembutan dan kesejukannya saat dikenakan. Namun harganya memang lebih mahal daripada kain jenis lain.

Tak hanya lembut, sutera juga lebih aman dipakai oleh penderita eczema dan asma. Pasalnya, bahan ini tidak disukai jamur, baik untuk menghindari reaksi alergi, dan bisa membantu memperbaiki kualitas tidur juga.

8. Chambray

Kalau Anda tak bisa meninggalkan jeans bahkan di saat cuaca panas, setidaknya cobalah untuk beralih ke bahan chambray. Jenis kain ini kadang juga disebut soft jeans. Menurut artikel lansiran ELLE, chambray adalah sejenis denim, namun lebih tipis dan ringan.

9. Jersey

Artikel di Bukalapak Review merekomendasikan kain jersey untuk bahan pakaian saat cuaca panas. Kain ini memiliki tekstur licin, mengilap, dan jatuh di badan.

Bahannya cenderung tipis dan agak transparan. Selain itu mudah kusut pula. Namun kainnya sendiri memang terasa dingin di kulit dan mudah menyerap keringat.

10. Viscose

Meskipun tidak semahal sutera yang teksturnya mirip, kain viscose juga berkualitas tinggi. Terasa sejuk, mudah menyerap keringat, dan terlihat mewah pula. Viscose dipintal dari serat semisintetis, karena bahan utamanya berasal dari sumber alami yang diproses dengan bahan kimia agar menjadi lembut. Kalau kulit Anda tergolong sensitif dan mudah alergi terhadap jenis kain tertentu, sebaiknya hindari viscose dan pilih sutera saja.

11.Katun Alami

Kain katun yang terbuat dari serat alami memiliki pori-pori yang memudahkan sirkulasi udara, menyerap keringat, dan melindungi pemakainya dari paparan sinar matahari terik dan udara dingin. Kain ini juga hypoallergenic dan tahan lama.

12. Bamboo

Sesuai namanya, kain ini terbuat dari serat bambu. Selain lebih ramah lingkungan, jenis kain bamboo juga lembut, menjadikan kulit mudah bernapas, hypoallergenic, dan bisa mengatur suhu.

Satu lagi kelebihan bamboo, kain ini memiliki daya serap keringat lebih bagus daripada katun dan bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

13. Wol Merino

Kain wol merino dibuat dari rambut domba Merino asli yang memiliki serat paling lembut. Kain ini terasa nyaman di tengah udara panas maupun dingin. Selain itu, permukaannya terasa lembut di kulit, ringan, dan mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet seperti bamboo.

14. Cashmere

Cashmere atau kashmir adalah jenis kain yang banyak dipakai desainer brand high-end karena kemewahannya. Permukaannya sangat halus seperti sutera kualitas tinggi.

15. Hemp

Kain hemp sudah digunakan manusia selama ribuan tahun. Jenis kain ini disukai karena kuat dan tahan lama. Bahannya pun terbuat dari serat alami. Kain ini bersifat breathable dan menyerap keringat dengan baik, sehingga terasa lembut di kulit.

Itulah jenis-jenis kain yang cocok untuk bahan pakaian saat cuaca panas.