Pulpen Kamu Sering Macet ? Ini Dia Solusinya

Pulpen Kamu Sering Macet ? Ini Dia Solusinya

Saat menulis, terkadang pulpen tiba-tiba tidak bisa digunakan karena tintanya tidak mau keluar alias macet. Maka itu, cara mengatasi pulpen macet penting untuk diketahui agar tidak menghambat kegiatan menulis.

Saat pulpen tidak dapat digunakan karena tintanya bermasalah, jangan langsung dibuang. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi pulpen macet yang bisa dilakukan sendiri.

Pertama, Coba ketuk ujung tabung tinta ke permukaan yang keras agar gelembung udara menghilang. Setelah itu, masukkan kembali tabung tinta ke dalam pulpen. Pengguna bisa mencoba apakah pulpen berfungsi atau tidak dengan mencoret-coret di atas kertas.

Kedua, Berikan tekanan saat menulis atau mencoret-coret di atas kertas. Terkadang, tinta menggumpal di ujung pulpen dan membuatnya tidak dapat digunakan. Dengan memberikan tekanan, tinta yang menggumpal bisa lepas dari pulpen.

Ketiga, Gunakan alkohol. Karena alkohol dapat membantu melarutkan tinta kering yang tersumbat di ujung puplen. Jadi, cobalah untuk mencelupkan ujung puplen ke dalam alkohol.

Keempat, Jika mencelupkan pulpen ke alkohol tidak menyelesaikan masalah, cobalah memanaskan ujung pulpen dengan korek api. Caranya sangat mudah, nyalakan korek api dan panaskan hanya bagian ujung pulpen. Lakukan metode ini sampai tinta bisa mengalir dan pulpen bisa berfungsi. Jika tidak punya korek api, silakan masukkan ujung pena ke dalam air yang mendidih karena efek panasnya dapat melelehkan tinta yang kering.

Nah itu dia beberapa tips untuk mengatas pulpen kamu yang macet, semoga membantu …..