Tips Menggunakan Earphone Agar Tidak Merusak Pendengaran

Tips Menggunakan Earphone Agar Tidak Merusak Pendengaran

Banyak orang mengalami gangguan pendengaran yang disebabkan oleh paparan berulang terhadap suara keras. Supaya telinga tetap aman, kamu tetap nyaman mendengarkan musik lewat earphone, berikut adalah tips menggunakan earphone yang tidak merusak pendengaran.

1. Kecilkan Volume

Mendengarkan musik dengan volume keras memang asyik, seolah-olah musik masuk ke dalam tubuh, tapi ini dapat merusak pendengeran. Oleh karena itu, kamu perlu mengecilkan volume, tidak hanya musik ataupun suara yang sedang kamu dengar, melainkan juga kondusifkan lingkungan sekitarmu.

Terkadang, kamu sengaja mengencangkan volume karena suara di lingkungan sekitar yang juga berisik. Bila itu terjadi, ada baiknya kamu pindah tempat atau mencari ruangan yang lebih nyaman, sehingga kamu bisa mendengarkan musik tanpa harus membesarkan volumenya.

2. Tetapkan Batasan Volume

Beberapa perangkat earphone dapat disetel untuk hanya bisa dipasang pada volume tertentu saja. Dengan menetapkan batasan volume maksimum, kamu tidak dapat mengutak-atik lagi volume dan menggantinya dengan volume lebih besar.

3. Membatasi Penggunakan Earphone

Tidak ada cara lain yang lebih ramah untuk menjaga pendengaran dari dampak buruk earphone adalah dengan membatasi penggunaannya. Cobalah untuk mengistirahatkan telinga dari penggunaan earphone.

Semakin lama mendengarkan musik keras, maka semakin tinggi pula kemungkinan kamu mengalami gangguan pendengaran. Praktikkan cara mendengarkan musik yang aman dengan menerapkan 60 – 60.  Artinya, kamu hanya menggunakan 60 persen volume  maksimum selama 60 menit. Setelahnya, jauhkan earphone dan biarkan telingamu beristirahat.

Ada beberapa kondisi yang menunjukkan kalau kamu memiliki gangguan pendengaran karena terlalu sering menggunakan earphone, yaitu:

  • Kesulitan mendengar orang lain dengan jelas dan salah memahami apa yang dikatakan orang, terutama di tempat berisik.
  • Sering meminta lawan bicara mengulangi pertanyaan/pernyataan.
  • Mendengarkan musik atau menonton TV dengan volume yang lebih tinggi dari yang dibutuhkan orang lain
  • Kesulitan mendengar di telepon.
  • Merasa sulit untuk mengikuti percakapan
  • Kadang-kadang orang lain terlebih dahulu merasa kalau kamu memiliki masalah pendengaran.

Perlu dicatat gunakan earphone seperlunya saja, jangan terlalu sering. Tertarik untuk custom earphone ? Toko Merchandise siap membantu